Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu :
1. jasad
> Badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat di raba dan di foto, dan menempati ruang dan waktu.
2. hayat
> Mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak
3. Ruh
> Bimbingan dan pimpinan tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
4. Nafs
> Dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri.
Manusia sebagai suatu kepribadia mengandung 3 unsur :
1. Id, yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampang. id merupakan libido murni, atau energi psikis yang menunjukan ciri alami yang irrasional dan terkait dengan sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran (unconcious).
2. Ego, merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali di sebut sebagai kepribadian "eksekutif" karena peranannya dalam menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat di mengerti oleh orang lain.
3. Superego, merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia lima tahun.
Hakekat Manusia
a. Makluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai kesatuan yang utuh.
b. Makluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makluk lainnya.
c. makluk biokultural, yaitu makhluk hayati yang budayawi.
d. Makluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.
kepribadian bangsa timur
Francis L.K Hsu sarjana amerika keturunan cina yang mengkombinasikan dalam dirinya keahliat di dalam ilmu antropolgi, ilmu psikologi, ilmu filsafat dan kesustraan cina klasik. karya tulisnya berjudul psychological homeostatis cina klasik. majalah american anthropologist. jilid 73 tahun 1971, halaman 23-24.
ilmu psikologi yang memang berasal dan timbul dalam masyarakat barat, dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting, biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlampau banyak menekan kepada pembatasan konsep individu sebagai kesatuan analisis tersendiri.
Unsur-unsur kebudayaan :
1. Sistem Religi (sistem kepercayaan).
2. Sistem organisasi kemasyarakatan.
3. Sistem pengetahuan.
4. sistem mata pencahaian hidup dan sistem-sistem ekonomi.
5. sistem teknologi dan peralatan.
6. bahasa
7. kesenian
Wujud kebudayaan
1. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia :
wujud ini disebut sistem budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya atau dengan kata lain dalam alam pikiran warga masrakatat dimana kebudayaan bersangkuat hidup.
2. kompleks aktivitas :
berupa aktivitas manusia yang saling beirnteraksi, bersifat kongkret, dapat diamati atau diobservasi. wujud ini sering di sebut sistem sosial.
3. wujud sebagai benda :
aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya. aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan benda untuk berbagai keperluan hidupnya.
Orientasi nilai budaya
1. Hakekat hidup manusia (MH)
2. Hakekat karya manusia (MK)
3. Hakekat waktu manusia (WM)
4. Hakekat alam manusia (MA)
5. hakekat hubungan manusia (MN)
terjadinya gerak / perubahan ini di sebabkan oleh beberapa hal :
1. sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
2. sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup.
pada umumnya unsur-unsur kebudayaan asing yang mudah diterima adalah :
1. unsur kebudayaan kebendaan seperti peralatan yang terutama sangat mudah di pakai dan dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,
2. unsur-unsur yang terbukti membawa manfat besar, misalnya radio, komputer., telephone yang banyak membawa kegunaan terutama sebagai alat komunikasi.
3. unsur-unsur yang dengan mudah disesuaikan dengan keadaan masyarakat yang menerima unsur-unsur tersebut.
berbagai faktor yang memperngarugi diterima atau tdiaknya suatu unsur kebudayaan baru diantaranya :
1. terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang beradsal dari luar masyarakat tersebut.
2. jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama, dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada, maka penerimaan unsur baru itu mengalami hambatan dan harus di sensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan ajaran agama yang berlaku.
3. corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru. misalnya sistem otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
4. suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diteriamnya unsur kebudayaan yang baru tersebut.
5. apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas dan dapat dengan mudah dibuktikan kegunaannya oleh warga masyarakat yang bersangkutan.
Sumber : digital book Universitas Gunadarma
Slotty Casino Hotel & Spa - Mapyro
BalasHapusFind and 대구광역 출장샵 compare slotty casino hotel & spa information, งานออนไลน์ opening hours and 의왕 출장마사지 a 삼척 출장샵 parking map 남원 출장안마 of Slotty Casino Hotel & Spa 777 Laughlin, NV.