Sabtu, 19 November 2011

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan

masyarakat adalah suatu kumpulan manusia yang tinggal di suatu tempat dengan adat istiadat yang sama-sama di taati di lingkungannya.



masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang terkesan lebih hidup mewah di bandingkan masyarakat pedesaan.

ciri-ciri masyarakat perkotaan :

1. hidup persaingan keras. tidak bisa bergantung pada seorang teman sekalipun.
2. kehidupan berkerja untuk bisa bertahan hidup esok hari lebih di utamakan. sehingga waktu dan rencana-rencana harus tertata harus teliti dan tidak bisa gegabah dalam mengambil keputusan.
3. acara keagaam kurang di teladani daripada seperti di pedesaan.

masyarakat pedesaan adalah masyarakat yang hidup dengan kesederhanaan dan hidup bekerja sama dengan sesama manusia.

ciri-ciri masyarakat pedesaan :

1. hidup saling bekerja sama dan saling menolong. tidak bersaing dan saling membantu di kala kesulitan entah itu dalam masalah material atau bahan makanan pokok
2. bersama-sama untuk dapat bertahan hidup dan saling bergantung satu sama lain.
3. acara keagamaan sangat di tekuni. seperti sesembahan musim panen atau buang sial. acara keagamaannya sangat sakral.

perbedaan antara kota dan desa :
1. jumlah penduduknya. sudah jelas pasti di perkotaan jumlah penduduknya lebih padat di bandingkan penduduk di pedesaan.
2. lingkungan. lingkungan di perkotaan sudah pasti lebih terkontaminasi dengan limbah industri, penuh dengan gedung-gedung tinggi dan polusi, sedangkan lingkungan di pedesaan masih asri, hijau dan sejuk.
3. mata pencaharian. di perkotaan mata pencahariannya di perkantoran seperti karyawan sedangkan di pedesaan mata pencahariannya dari hasil berkebun seperti petani atau berternak.
4. solidaritas sosial. di perkotaan lebih cenderung hidup ber-individu di bandingkan hidup di pedesaan yang saling bergantung dan bekerja sama.
5. corak kehidupan sosial. biasanya di perkotaan lebih berfoya-foya dan menikmati kehidupan di bandingkan di pedesaan yang hidup dalam kesederhanaan

menurut saya jelas perbedaan penduduk perkotaan dan pedesaan. sungguh bertolak belakang jika di bandingkan. seharusnya masyarakat tidak seharusnya bertransmigrasi ke perkotaan. karena semakin sedikitnya yang tinggal di pedesaan, karena wilayah pedesaan yang terus terkikis karena di bangunnya bangunan-bangunan gedung tinggi dan jalanan raya sudah pasti mengurangi lahan-lahan untuk menanam bahan pangan seperti sawah. seharusnya pemerintah menyamaratakan jumlah penduduk di perkotaan dan pedesaan. karena lahan-lahan petani yang terus di beli oleh orang-orang yang ingin membuat kota menjadikan sumber bahan pangan di pedesaan menjadi sulit sehingga masyarakat pedesaan merasa lebih baik bertansmigrasi ke perkotaan tanpa tahu sesungguhnya dengan pindahnya mereka ke kota hanya akan menambah susahnya sumber pangan di bumi ini.

0 comments:

Posting Komentar

 
;