Rabu, 21 Maret 2012

Ilmu dan Budaya Dasar

Ilmu pengetahuan di bagi menjadi 3 macam. Ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu budaya dasar. kita akan membahas semua macam-macam ilmu pengetahuan tersebut.


Ilmu pengetahuan alam atau biasa di singkat dengan IPA adalah ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan alam manusia. Contohnya ada ilmu biologi yang mengajarkan berbagai macam bagian tubuh manusia, tulang-tulang manusia, bahkan ada yang menjelaskan tentang hewan dan tumbuhan. Begitu juga dengan kimia yang mempelajari berbagai macam reaksi dan zat.

Ilmu pengetahuan sosial atau biasa di singkat dengan IPS adalah ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan sosial manusia. Contohnya ada ilmu sosiologi yang mengajarkan kita manusia tidak bisa hidup sendirian. Kita pasti membutuhkan orang spesial atau teman untuk mengobrol dan berbagi mengenai masalah-masalah yang ada di sekitar kita. karena tidak mungkin manusia bisa hidup sendirian tanpa bantuan dari orang lain. contoh lainnya ilmu mengenai PPKN atau kewarganegaraan. tentu tidak asing bagi kita yang sejak kecil sekolah dasar kita sudah menemukan pelajaran tersebut. dan tidak aneh juga yang sering kita bahas adalah sosialisasi dengan lingkungan sebagai warga negara Indonesia.

Ilmu budaya dasar atau biasa di singkat dengan IBD adalah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan manusia agar manusia lebih bersifat manusiawi. contohnya ada sejarah yang mengajarkan kita akan masa lalu nenek moyang kita. banyak yang di jelaskan dalam sejarah. saat nenek moyang kita yang masih hidup dengan berburu dan bercocok tanam. sekarang manusia dapat mendapatkan segalanya dengan mudah karena kecerdasan mereka yang setiap keturunan semakin berkembang. setiap tahunnya selalu ada teknologi-teknologi baru untuk mempermudah kehidupan kita sebagai manusia. di tambah di ciptakannya robot berbagai fungsi yang nantinya akan benar-benar bisa membantu segala macam pekerjaan kita.

persamaan IBD dengan IPS :
> sama-sama membahas tentang sosial manusia yang manusiawi yang biasa terjadi pada kita sehari-hari.

perbedaan IBD dengan IPS:
> bedanya IPS di berikan saat kita masih menduduki bangku sekolah SMP atau SMA. yang biasanya ada pelajaran semacam sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, dan lain lain. kemudian IBD adalah mata kuliah yang biasa di berikan saat kita sudah masuk ke jenjang perkuliahan. di sini kita akan di ajarkan ilmu yang lebih baik untuk mengetahui sosialisasi sebagai manusia di bandingkan ilmu IPS.

0 comments:

Posting Komentar

 
;